Kamis, 05 November 2020

another reminder about UNITY!!

Segala sesuatu yang dilakukan Tuhan menggandakan kesatuan

Tuhan adalah sang ahli pendamai.
Segala sesuatu yang dilakukan Tuhan selalu melipatgandakan dan menghasilkan kesatuan. Antara Tuhan dan manusia. Antara ciptaan dan Tuhan. Antara Yahudi dan non-Yahudi. Antara tetangga, budaya, kelas sosial ekonomi, atau perpecahan nasionalistik. Nyatanya, salib adalah satu-satunya tempat dimana sesuatu yang tidak dapat didamaikan menjadi didamaikan.
Dalam Efesus 1, kita membaca proklamasi yang tak tertandingi, terlampau luas tentang rancangan Tuhan untuk menggandakan kesatuan: "Ia memberi tahu kita misteri kehendak-Nya..yaitu, merangkum semua hal di dalam Kristus, hal-hal di surga dan hal-hal di bumi." Efesus 1: 9-10 NASB. Biarkan kebenaran itu menghantam Anda.
Dengan kata lain, di dalam Kristus, Tuhan mengungkapkan misteri kehendak-Nya, yaitu mempersatukan segala sesuatu di surga dan bumi.
Titik berat dari pernyataan besar Paulus di sini menuntut perluasan dari bagaimana kita mendefinisikan dan memahami Injil. Persatuan adalah kunci dari pekerjaan Yesus di kayu salib. Anda mungkin pernah mengalami kuasa dosa yang sangat menghancurkan. Dosa memisahkan kita dari Tuhan dan dari satu sama lain. Tetapi di kayu salib, Yesus menghancurkan kuasa dosa. Itulah mengapa inti dari pekerjaan Kristus adalah untuk mendamaikan apa yang telah dipisahkan.
Kisah-kisah dari kitab Kisah Para Rasul juga menunjukkan kepada kita bahwa pekerjaan Tuhan memperbanyak kesatuan. Di banyak tempat di seluruh Kisah Para Rasul, gerakan Tuhan yang kuat dikaitkan dengan orang-orang percaya yang sehati dan berpikiran. Persatuan ini tidak hanya bersifat spiritual, tetapi juga kesatuan yang nyata dan terlihat dengan solusi untuk masalah dunia nyata. Kemudian di Kisah Para Rasul 10, momen penting bagi Gereja terjadi. Ini adalah cerita ketika Kornelius, seorang perwira Romawi, mengundang Petrus ke rumahnya. Ini bukan pertemuan Minggu sore yang biasa - orang Yahudi bahkan tidak diizinkan memasuki rumah orang bukan Yahudi.
Tapi sekarang, Tuhan sedang bergerak mereproduksi kesatuan. Ketika Petrus taat dan pindah ke kesatuan, melintasi garis Yahudi dan bukan Yahudi, ini membuka pintu bagi Roh Kudus untuk bergerak, dan seluruh keluarga perwira menyerahkan hidup mereka kepada Yesus. Tuhan mencari kesempatan untuk memperbanyak persatuan, karena pekerjaan yang dilakukan dalam persatuan di antara umat Tuhan melepaskan kuasa Tuhan.
Happy Sunday all.. God bless you!! 😇😇

Tidak ada komentar:

Posting Komentar