Rabu, 25 November 2015

PERCAYA & TAAT

Bacaan : Lukas 5

Lukas
5:4 "Setelah selesai berbicara, Ia berkata kepada Simon: "Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan."

Diingatkan lagi soal PERCAYA & KETAATAN.. Petrus itu seorang nelayan yang tentunya jauh lebih mengerti dan berpengalaman mengenai menjala/menangkap ikan.. dia pasti lebih mengerti waktu yang baik untuk menjala ikan.. dan sudah semalaman dia mencoba menangkap ikan tapi tidak ada hasilnya..

Saat Tuhan Yesus meminta Petrus untuk menebarkan jala,  pastinya dalam pikiran dan hatinya Petrus sempat terlintas mana mungkin berhasil.. karena berdasarkan PENGETAHUAN & PENGALAMAN Petrus hal itu tidak mungkin berhasil.. terbukti di ayat 5,
5:5 Simon menjawab: "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga."

Pastinya tidak mudah untuk Petrus mengikuti instruksi dari Tuhan Yesus saat itu..secara yang Tuhan suruh itu adalah bidang yang sangat Petrus kuasai.. seringkali kita juga ada di posisi yang sama dengan Petrus. Saat Tuhan kasih instruksi atau arahan kita ga bisa terima karena menurut PENGETAHUAN & PENGALAMAN kita itu ga akan berhasil.. ga masuk logika kita.. dan jadinya kita malah nego dan minta excuse sama Tuhan untuk tidak melakukannya..

Untungnya Petrus memilih TAAT saat itu.. sehingga hasilnya dia mengalami TEROBOSAN saat itu juga.. bagaimanakah dengan kita?marilah kita belajar dari Petrus untuk MERESPON DENGAN BENAR yaitu PERCAYA & TAAT kepada Tuhan Yesus

Hal lain yang diingatkan di ayat selanjutnya,  Lukas 5:6 "Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak.
5:7 Lalu mereka memberi isyarat kepada teman-temannya di perahu yang lain supaya mereka datang membantunya. Dan mereka itu datang, lalu mereka bersama-sama mengisi kedua perahu itu dengan ikan hingga hampir tenggelam."

Saat Petrus mengalami TEROBOSAN dan mendapatkan berkat berlimpah-limpah,  dia MEMILIH untuk BERBAGI dengan orang lain. Petrus memanggil teman2nya untuk membantunya menampung ikan-ikan itu. Saya percaya kalau saja Petrus serakah dan mau menampung sendiri, jalanya sangat mungkin akan koyak dan ikan yang didapat tidak akan sebanyak yang seharusnya yah.. nah, mari belajar lagi dari Petrus yah, kita diberkati Tuhan untuk memberkati orang lain.. jangan takut untuk BERBAGI! Marilah kita belajar untuk MERESPON DENGAN BENAR!! SEMANGAT!!!

God always be with us!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar