Kamis, 28 Mei 2015

Karunia Roh Kudus = Internet

Waktu itu saya lagi nyetir mobil sambil sharing-sharing dengan teman baik saya Donny. Saya lupa waktu itu kita pulang darimana. Kita lagi cerita-cerita soal karya Roh Kudus, sepertinya itu belum lama dari hari Pentakosta.

Donny cerita kalau gerejanya dia itu gembalanya belum percaya dengan karunia Roh Kudus seperti berbahasa Roh dan yang lainnya. Lalu dia cerita seperti ada yang menyuruh dia untuk berbicara dengan gembalanya itu mengenai karunia Roh Kudus ini. Tetapi Donny segan untuk bicara, secara itu gembalanya sehingga dia menunda untuk bicara dengan gembalanya. Lalu tidak lama setelah itu Donny cerita gerejanya mengundang seorang pendeta tamu. Dan saat itu pembahasannya tentang karya Roh Kudus. Dan Donny bilang pendetanya itu ambil ayat-ayat mengenai bahasa Roh. Donny sempet kuatir kalau gembalanya tidak sependapat dengan khotbah pendeta tamu itu.

Lalu selesai khotbah ternyata pendeta tamu itu mengajak jemaat untuk maju ke depan atau 'altar call' biasa disebutnya yah. Donny makin kuatir karena seumur-umur gerejanya itu belum pernah 'altar call'. Jadi kaget juga waktu pendeta tamu itu ajakin 'altar call'. Ajakan pertama tidak ada jemaat yang maju. Semuanya diam. Lalu pendeta tamu itu ajakin lagi dan pendeta tamu itu bilang kalau dia tau di gereja itu banyak yang 'haus' untuk mengalami lawatan Roh Kudus saat itu. Lalu setelah ajakan kedua barulah jemaat pada maju ke depan. Bukan hanya jemaat, para pelayan dan bahkan ibu gembala juga ikutan maju ke depan. Dan saat itu seperti tanah kering yang disiram air, mereka semua merasakan lawatan Roh Kudus. PRAISE GOD!!

Minggu depannya Donny cerita lagi kalau Bapak Gembalanya yang khotbah. Dan sebelum mulai khotbahnya Gembalanya itu bilang puji Tuhan yah minggu lalu kita mengalami sesuatu yang baru di gereja kita. THANKYOU JESUS! Memang jika Tuhan yang membuka pintu, tidak ada yang dapat menutupnya. Bahkan hati yang keras pun bisa dilembutkan oleh kuasa kasihNya.

Pembelajaran yang bisa saya ambil waktu itu adalah kalau Tuhan yang suruh kita harus lakukan yah. Walaupun terlihat sangat sulit sepertinya dan seakan-akan tidak mungkin berhasil tetapi PERCAYALAH kalau Tuhan yang kasih instruksi, DIA PASTI bertanggungjawab penuh atas kita. AMIN!! Dan kalau kita menunda-nunda atau bahkan tidak mau melakukannya, pada akhirnya 'tugasnya' itu akan diberikan kepada orang lain. Karena rencana-Nya tetap harus terlaksana yah.

Lalu saat sharing-sharing di mobil itu tiba-tiba di dalam diri saya seperti ada yang bilang karunia Roh Kudus itu ibarat kita langganan internet di rumah. Kita udah bayar nih untuk langganan internet. Jadi KONEKSInya itu sudah tersedia di rumah kita. Tapi kita belum bisa merasakan MANFAATnya kalau kita belum MENGAKTIFKAN/MEMAKAInya. Kalau kita hanya DIAM yah percuma kita tidak akan merasakan manfaat apa-apa dari internet tersebut. Tapi disaat kita mulai BERGERAK untuk MENGAKSES/MEMAKAInya, barulah kita bisa merasakan manfaatnya yang sangat banyak. Disaat kita mulai browsing, googling, buat email, cari informasi dan lain sebagainya, kita baru mendapatkan banyak hal dari koneksi internet tersebut. Kita bisa mendapatkan banyak informasi baru. knowledge kita akan berkembang dan terupdate. Dan kita bisa menghasilkan sesuatu dari hasil 'memakai koneksi' internetnya tersebut.

Begitupun dengan Roh Kudus. Saat kita bertobat dan menerima Tuhan Yesus sebagai juruselamat di dalam hidup kita, kita percaya kepadaNya, dan kita mengundang Tuhan Yesus masuk dan tinggal di dalam diri kita, Roh Kudus juga 'sepaket' dengan Tuhan Yesus ikutan masuk ke dalam diri kita dan Roh Kudus itu sebagai meterai yang mensahkan kita bahwa kita sudah menjadi milikNya Tuhan Yesus.

"Di dalam Dia kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu." Efesus 1:13

Jadi Roh Kudus itu sudah ada di dalam diri kita. Dan di dalam Roh Kudus itu sudah ada Karunia dan Buah Roh Kudus. Seperti internet tadi yang sudah kita bayar. Kita harus sadar kalau 'koneksinya' itu sudah ada. Tinggal kita 'mengaktifkannya' supaya bisa kita 'pakai' dan kita bisa merasakan 'manfaatnya' dan saat kita mulai 'mengaksesnya' kita akan mendapatkan banyak hal dari Roh Kudus. Dia akan memberitahukan dan mengajarkan banyak hal kepada kita. Hal-hal baru yang kita belum tau sebelumnya. Dia akan 'mengupdate knowledge' kita dengan hal-hal yang LUAR BIASA. Dan pastinya menghasilkan sesuatu yang LUAR BIASA juga.

Karena itu ayo kita jangan hanya BERDIAM diri.. SADARILAH kalau ada Roh Kudus di dalam kita. Dan Dia pasti mau melakukan banyak hal lewat hidup kita. Masing-masing kita memiliki SPECIAL PURPOSE yang hanya bisa dilakukan oleh masing-masing kita. Minta Roh Kudus menuntun dan mengambil alih seluruh hidup kita biar hanya rancangan Tuhan yang GENAP dalam hidup kita dan keluarga kita. AMIN!!

THANKYOU Daddy, THANKYOU Jesus, THANKYOU Holy Spirit!!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar