Jumat, 22 Mei 2015

Masa Kuliah & Kerja



@Seaworld San Diego
With Anthony@Clairbourn School




Setelah pindah kerja dari warnet, saya mulai bekerja sebagai staf accountant di sebuah perusahaan chemical. Gimana awalnya bisa kerja disini sudah saya ceritakan di cerita sebelumnya yang berjudul "Setelah Lulus Sekolah & Kecelakaan Adik".

10 Januari 2005 tepatnya saya mulai bekerja di perusahaan tersebut. Karena lokasi perusahaannya di daerah Pluit, Jakarta Utara, saya disediakan mess untuk tinggal di hari kerja. Secara dari Pondok Aren ke Pluit jauh sekali. Jadi setiap hari Senin saya diantar papa ke kantor dan hari Jumat dijemput papa di kantor.

Suatu hari teman baik saya dari sekolah, Andre main ke rumah. Lalu saat lagi ngobrol-ngobrol dia bilang kalau saya harus kuliah. Saya cuma senyum aja karena rasanya niat saya untuk kuliah sudah sirna seiring berjalannya waktu. Lagipula dengan gaji saat itu rasanya tidak memungkinkan untuk kuliah. Tetapi Andre serius banget dengan perkataannya. Dia sampe tanya gaji saya dan pengeluaran saya setiap bulannya, dan dia bilang dia mau bantu saya supaya bisa kuliah. Saat mendengarnya saya terharu dan kembali BERSYUKUR sama Tuhan buat orang-orang luar biasa yang Tuhan tempatkan di sekeliling saya. Dia suruh saya pikirkan baik-baik tawarannya. Saya sempet bingung saat itu, karena dari dulu saya paling ga mau nyusahin orang lain. Tapi rasanya malah jadi sering banget ditolongin orang lain. Saya pengen banget bisa kuliah tapi juga ga mau sampai nyusahin orang lain, karena bingung nantinya bagaimana membalas budinya.

Puji Tuhan, beberapa lama setelah pembahasan saya dengan Andre, papa saya nyuruh saya untuk cari kampus dan daftar kuliah. Dia baru dapet berkat dan bisa dipakai untuk uang pangkal masuk kuliah. :) He is AWESOME as always.. Saya mengajukin surat ke perusahaan dulu waktu itu untuk minta ijin pulang lebih awal untuk kuliah. PRAISE God, dikasih ijin. Waktu itu saya coba test di Universitas Trisakti dan di STIE Trisakti. Akhirnya saya jadinya masuk di STIE Trisakti karena biayanya jauh lebih murah. Saya daftar untuk kuliah sore sampai malam. Sepupu saya, ci Lusi juga ternyata bantu untuk uang pangkal masuk kuliahnya. Dan untuk semester awal dia juga bantu bayarin uang BPP dan SKSnya. Saya sangat BERSYUKUR atas semua kasih sayang dan perhatian yang Tuhan Yesus berikan melalui orang-orang di sekitar saya. THANKYOU ci Lusi buat kebaikan hati cici buat Vin yah.. Vin doa cici dan keluarga diberkati berlimpah dan yang terpenting semuanya diselamatkan Tuhan Yesus. AMIN! Sungguh,  saya bisa sebagaimana saya ada semuanya karena ANUGERAH dari Tuhan Yesus Kristus!

Setelah 2.5 tahun bekerja di perusahaan chemical itu, tiba-tiba direktur yang masukin saya kerja disitu bilang ke saya kalau pemilik perusahaan itu lagi perlu sekretaris pribadi di rumahnya. Dan beliau tanyain apakah saya bersedia jadi sekretarisnya. Sejujurnya saya GA MAU kerja jadi sekretaris apalagi kerja di deket bos. Itu dua hal yang paling saya ga suka. Dan seperti biasa Tuhan 'cemplungin' saya disitu.. Another challenge..

Saya mulai bekerja sebagai sekretaris Juli 2007. Kerjanya di rumah owner perusahaan chemical tersebut. Saya kerja untuk suami istri yang sudah berusia lanjut 60tahunan keatas usianya. Mereka punya 4 orang anak, tetapi masing-masing tinggal diluar Indonesia. Hanya sesekali saja datang ke Jakarta. Suami istri ini masih sangat aktif walaupun sudah lanjut usia. Mereka masih suka traveling sama temen-temen dan anak-anaknya, suka nonton bioskop, pergi makan berdua, dan lain sebagainya. Saya kerjaannya ngurusin segala urusannya mereka. Dari urusan penting sampai yang tidak penting. :)

Puji Tuhan semenjak pindah kesini saya mulai bisa menabung dan sekitar semester ketiga saya sudah bisa bayar sendiri BPP dan SKS tiap semesternya. Puji Tuhan karena anugerah Tuhan, saya bisa bayar sendiri uang kuliahnya sampai dengan lulus. Dan papa juga beliin saya motor jadi dia ga anter jemput saya lagi ke kantor.

Tuhan itu beneran lemah di satu mata pelajaran aja, yaitu MATH.. Soalnya kalau secara matematikanya uang gaji saya waktu itu rasanya tidak akan cukup untuk bayar kuliah, apalagi waktu itu saya masih harus membantu bayar uang sekolah 2 adik saya dan juga bayar listrik di rumah. LUAR BIASAnya Tuhan Yesus, uang saya bisa cukup untuk bayar semuanya itu tiap bulannya. Pernah satu kali uang untuk bayar BPP kurang 500.000 rupiah dan deadline pembayarannya 2 hari lagi kalau ga salah waktu itu. Saya tidak ada penghasilan lain saat itu. Dan di dompet hanya tinggal 10.000 rupiah. Saya cuma berdoa aja sama Tuhan, pasrah. Saya ga pernah cerita ke papa mama atau siapapun kalau lagi kekurangan uang. Cuma bisa curhat ke Tuhan aja.

Tiba-tiba adik bos saya minta tolong saya untuk temenin dia meeting di Hotel Grand Hyatt Jakarta. Adik bos saya minta ijin ke bos saya untuk 'pinjem' saya satu hari. Bos saya mengijinkan. Sebenernya tidak banyak yang saya kerjakan di hotel itu. Saya hanya nunggu mereka meeting dan hanya sebentar saja saya bantu edit dokumen yang diperlukan mereka. Itupun saya cuma tinggal ikutin instruksi dari lawyer mereka. That's it! Malah saya disuruh lunch di buffet hotel itu. Sampe saya update status waktu itu, "punya 10.000 di dompet, siapa bilang ga bisa makan di hotel bintang lima?" hahaha.. saking takjub sama caranya Tuhan.. Selesai meeting adik bos saya minta maaf karena dia ga bisa anterin saya pulang ke Pluit karena masih ada kerjaan lain. Jadi dia tanyain saya kalau naik taksi berani ga. Dalam hati saya senyum sendiri secara dulunya aja kemana-mana saya selalu naik bis umum dan angkutan umum, melalang buana dari terminal ke terminal. Saya bilang ga apa-apa saya bisa pulang sendiri. Akhirnya adik bos saya panggilin taksi dan yang dipanggil Silver Bird..hahaha.. baru pertama kali nih naik Silver Bird.. terus dia kasih saya uang taksinya. Pas saya udah mau jalan keluar tau-tau adik bos saya mau kasih saya uang lagi. Saya menolaknya karena perasaan saya hari itu saya ga banyak bantu dia. Malahan udah ditraktir lunch juga di hotel itu. Jadi saya ga mau. Tapi adik bos saya tetap memaksa. Akhirnya saya terima uangnya. Dan pas di taksi saya buka uangnya, TERNYATA dikasih lebih dari 500.000 rupiah.. WOWWWW..airmata saya langsung mengalir keluar pas di taksi itu.. SPEECHLESS!! Tuhan Yesus LUAR BIASA BANGET!! Sungguh pemeliharaan-Nya yang ajaib itu NYATA dan pertolongan-Nya TIDAK PERNAH TERLAMBAT!!

Saat kuliah saya juga ketemu dengan temen-temen yang baik dan seru. Waktu itu saya suka jualan kecil-kecilan untuk tambahan jajan. Mereka yang suka semangat bantuin tawarin barang jualan saya. :) You guys so PRECIOUS! Kita sempet bikin komsel juga dulu itu di rumah temen saya JP. Kita suka rutin pergi bareng-bareng juga ke mall atau main bulu tangkis atau berenang. So much fun!! Dan waktu mulai skripsi kayaknya saya yang paling lama selesainya. Thanks to JP yang udah 'maksain' saya kerjain skripsi saya waktu itu sampai selesai. God bless him!

Puji Tuhan juga karena kerjanya jadi sekretaris pribadi jadi waktu saya lebih fleksibel. Kalau saya harus ijin pulang lebih awal atau tidak masuk karena ada ujian kuliah, boss saya sangat mendukung. BERSYUKUR BANGET karena Tuhan sangat rapi mengatur hidup saya step by step sampai saya bisa seperti sekarang ini. Waktu awal-awal kerja sebagai sekretaris ini saya ga betah. Soalnya saya kurang nyambung sama bos yang cowok dan saya suka lupaan. Alhasil suka salah paham dan saya suka diomelin. Pernah satu kali beliau salah paham dan marahin saya dan anaknya, sampe saya ga tahan lagi nangis di kamar mandi setelah diomelin. Saat itu saya bilang ke Tuhan, saya ga suka kerja disitu. Terus seperti ada yang menjawab di dalam diri saya, "kamu harus berdoa untuk keluarga ini". Semenjak itu sih saya lebih fokus sama 'misi' yang Tuhan kasih ke saya aja. Tapi 'misi' itu berangsur-angsur hilang karena kondisi rohani saya yang menurun dan terus menurun. Semenjak tidak pelayanan di Jay Army dan tidak punya komunitas rohani lagi rasanya roh saya semakin dingin. Bahkan sempet untuk melangkah ke gereja saja tiap minggu berat banget. Sampe saya ada di satu titik saya merasa "KERING" bangetttttt..

With Ci Sri@Holywood
With Ci Sri@Ci Wewe's House
Padahal Tuhan tetap BAIK BANGET!!! Waktu September 2010 saya sempet ikut ke Los Angeles tinggal di rumah anaknya bos saya. Bantuin dia jagain anak-anaknya. Karena suster yang biasa jagain mereka dari kecil minta cuti panjang dan penggantinya visanya belum keluar sampai waktunya mereka harus kembali ke Amerika. Saya yang jadi backupnya waktu itu. Rasanya AMAZED BANGET bisa pergi ke Amerika naik Cathay Pacific dan duduk di BISNIS CLASS! Ga pernah dibayangin sama sekali. "Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."" 1 Kor 2:9. Dan disana saya bisa ketemu dengan sepupu saya, Ci Sri yang udah 10 tahun ga ketemu. Ci Sri ini juga salah satu yang banyak bantu keluarga saya. Setiap bulan dia kasih uang ke mama saya. Vin doa biar setiap kebaikan yang diberikan oleh ci Sri Tuhan Yesus gantikan berkali-kali lipat! AMIN!!!

GA PERNAH TERPIKIR bisa ketemuan disana. Bisa jalan-jalan bareng sama ci Sri ke Holywood. Foto-foto dan hang out rasanya AMAZED dan SENENG banget. Bahkan sempet juga ngerasain ikutan kerja demo masak Indomie Goreng di Chinese Market disana. Kebetulan company ci Sri itu distributor Indomie di Amerika. NERVOUS banget secara bahasanya beda dan saya SENDIRIAN ga kenal siapa-siapa di supermarket itu. Malah jadi kenalan juga sama 2 orang yang demo makanan lain juga. Sampe ngobrol banyak dan mereka juga baik bangetttttt. LUAR BIASANYA TUHAN orang yang baru kenal aja diketemuin sama yang BAIK BANGET!! PRAISE GOD!!Terus pas di Amerika saya juga bisa ngerasain ke DISNEYLAND dan ke SEAWORLD!!! Rasanya kayak mimpi.. Bahkan mimpi kesana aja ga pernah tapi Tuhan kasih.. :) HE IS SUPER GOOD!!

Graduation Day
Balik dari Amerika Desember 2010 saya diwisuda.. FINALLY!! PUJI TUHAN!! Waktu itu tiba di Jakarta malem sebelum wisudanya.. MEPET bangetttt.. belum cobain kebaya dan lain sebagainya.. padahal besoknya jam 6 pagi udah harus ada di tempat wisudanya,, PUJI TUHAN ada sahabat baik saya dari kecil, Dina yang sampe nginep di rumah dan bangun subuh-subuh bantuin saya make up dan hair-do. THANKYOU SO MUCH Din.. You are THE BEST!! God bless you abudantly dear!! :)

Graduation Day with Beloved Family


Dan waktu kedua kalinya ke Amerika lagi Agustus 2011 saya ngerasa semakin kering karena selama disana ga bisa ke gereja. Paling hanya satu kali aja ke gereja bareng sama sepupu saya. Saya cuma bisa nyanyi sambil dengerin lagu-lagu rohani dari youtube untuk ngobatin kangen ke gerejanya. Balik ke Jakarta sebelum malam natal, besoknya langsung gereja bareng temen-temen kampus dan pelayanan Jay Army. Rasanya kayak "haus" banget tapi malem itu juga seperti ga terpuaskan "hausnya". Seperti ada yang kurang. Sampe di tahun 2013 saya minta sama Tuhan untuk punya komunitas lagi kayak dulu di Jay Army. Jay Army itu adalah ibadah Youth di bawah GL Ministry. Ibadahnya interdenominasi gitu jadi isinya anak-anak muda dari berbagai aliran gereja. Saya sampe hubungin temen-temen saya untuk ajakin bikin komsel lagi. Saya sampe siapin bahan untuk sharingnya. Tapi tetep ga bisa ngumpul juga orang-orangnya udah pada sibuk sendiri-sendiri.

Satu hari saya pergi ke acara nikahan teman sekolah, Jonatan namanya. Dan disitu saya ketemu dengan beberapa teman lainnya. Pas lagi ngobrol-ngobrol salah satu teman saya yang bernama Bayu cerita kalau sekarang dia ada komsel sama beberapa anak Ricci juga. Dia ajakin saya juga untuk join. Tapi setelah pulang dari kondangan itu saya sudah lupa dengan ajakannya. Juga karena ga ada kabar lagi dari teman saya itu. Lalu suatu hari saya selesai ibadah di Tiberias Bintaro, pas di parkirannya ketemu lagi sama Bayu. Ngobrol-ngobrol lagi dan dia ajakin lagi untuk ikutan komsel. Katanya dalam waktu dekat akan ada komsel nanti diinfokan lebih lanjut. Dan akhirnya tanggal 17 Agustus 2013, saya ikutan komselnya di rumah teman sekolah saya lainnya Dimas. Hari itu seperti padang gurun yang disirem air dingin.. "Kekeringan" yang saya rasakan seperti terobati. Saat praise and worship Tuhan menjamah hati saya dengan luar biasa. Saya mulai merasakan lagi gelora cinta-Nya yang beberapa tahun terakhir seperti padam. PUJI TUHAN, saya sangat BERSYUKUR karena Tuhan kembali menarik dan memeluk hidup saya.

Sempat saya merasa sangat BOSAN dan bener-bener pengen pindah kerja. Saat itu saya mau coba pindah kerja di Australia. Dapet info dari saudara yang tinggal disana, juga ada temen yang pengen juga nyoba kerja disana, alhasil kita berdua udah bertekad mau nyoba kerja disana. Semuanya udah disiapin. Waktu itu kita mau apply visa working and holiday di Australia untuk 1 tahun. Semua dokumen sudah siap tinggal dimasukin ke embassy Australia. Tapi disaat saya sudah berencana ke embassy, komselnya membahas soal apa tujuan kita bekerja?Seperti "tertampar" dan kembali diingatkan mengenai "misi" yang dulu Tuhan pernah bilang ke saya soal mendoakan keluarga bos saya.. Akhirnya saya membatalkan rencana untuk pindah kerja dan kembali fokus dengan "misi-Nya". Sampai hari ini saya tetap bekerja disitu. Sudah berjalan 8 tahun tidak terasa.

Di komsel yang bersama teman-teman sekolah saya, saya mendapatkan banyak hal-hal yang baru. Cara pandang yang baru. Dan dalam waktu beberapa bulan saja saya merasa Tuhan ajarkan banyak hal ke saya. Kayak kejar paket, karena udah kelamaan terputus "koneksinya". Ditambah lagi Tuhan kasih saya komunitas baru lainnya. Waktu itu ada undangan dari ex Jay Army untuk ngumpul. Rencana ex Jay Army itu mau bikin pelayanan bareng. Setelah saya ikut ngumpul satu kali rencananya minggu depannya kita mau ngumpul lagi untuk ngomongin rencana lanjutannya sekalian berdoa bersama di rumah salah satu ex Jay Army, kak Tita. Saya datang bersama dengan teman baik saya, temen satu sekolah dari SD sampe ketemu lagi di Jay Army dan jadi pelayanan bareng ditambah kita ulangtahunnya cuma beda sehari, so i used to call him "my twin", namanya Donny. Kita dateng dengan niat rapat untuk Jay Army, tetapi ternyata Tuhan berencana lain. Hari itu ex Jay Army yang ngerencanain rapat malah ga ada yang dateng. Dan hari itu memang jadwal kak Tita dan team doanya, Ecclesia namanya, untuk doa di rumahnya. Alhasil saya dan Donny jadi ikutan doanya. Dan ternyata memang itu tujuan Tuhan. Acara ex Jay Army itu tidak ada kabar beritanya lagi setelah itu, dan saya & Donny akhirnya jadi ikut doa rutin di rumah kak Tita itu. Dan disini Tuhan bekerja LUAR BIASA. Dia kasih tau lebih banyak lagi hal-hal baru. Dan Dia kasih saya pengalaman-pengalaman baru bersama Dia yang AMAZING banget!! Dan ternyata Ecclesia ini sebagian besar isinya ex Jay Army juga tapi beda tahun aktifnya jadi saya belum kenal mereka. Tuhan tuh emang THE BEST DIRECTOR.. Sering banget membuat situasi-situasi yang terlihat KEBETULAN, padahal semuanya itu udah ada di Master Plan-Nya. So AWESOME!!

Pengalaman saya bersama team doa Ecclesia akan saya share di Judul yang berbeda karena akan lumayan panjang juga. Wait for the story yah.. :) God bless!!














Tidak ada komentar:

Posting Komentar